Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Internasional Sambut Keinginan Korut

Kompas.com - 25/05/2013, 14:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Dunia internasional menyambut keinginan Korea Utara (Korut) untuk kembali ke meja perundingan soal nuklir. Keinginan Pyongyang itu, tulis Xinhua pada Sabtu (25/5/2013), muncul saat Utusan Khusus Korea Utara Choe Ryong Hae bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing.

Korut ingin bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mencapai resolusi dialog dan konsultasi multilateral. Korut juga ingin berjumpa kembali di meja perundingan dengan enam mitra dialognya.

Lantaran keinginan itu, Rusia memberikan apresiasi kepada Korut. Meski, sampai kini, Amerika Serikat malahan belum menyampaikan komentar resminya. "AS berdiri di posisi sama dengan China untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea,"kata pernyataan Kementerian Luar Negeri AS sebelumnya.

Kemudian, Korea Selatan (Korsel) juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi menghargai keinginan Korut. "Korsel menyambut langkah positif Korut,"kata pihak Seoul.

Sementara itu, Jepang masih dinantikan untuk memberikan komentar soal langkah Korut ini. "Kami bersiap mengeluarkan pernyataan resmi,"demikian pihak Tokyo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com