Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjaga Kamp Auschwitz Ditangkap

Kompas.com - 06/05/2013, 22:51 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com  Otoritas Jerman menahan seorang penjaga kamp konsentrasi Auschwitz, Polandia. Penjaga berusia 93 tahun tersebut ditahan atas tuduhan melakukan pembunuhan massal atas para tahanan Nazi Jerman selama Perang Dunia II lalu.

Kantor berita AFP hari Senin (6/5/2013) melaporkan, penahanan atas pria ini dilakukan di negara bagian Baden-Wuerttemberg, di barat daya Jerman. Pria yang sudah uzur ini diduga bekerja sebagai penjaga kamp antara musim gugur 1941 hingga kamp itu ditutup pada tahun 1945 menyusul kekalahan Nazi Jerman. Pria tadi ditahan di rumahnya dan kemudian digiring ke rumah tahanan. "Tuduhan atas pria ini dipersiapkan," ujar jaksa di Stuttgart, ibu kota negara bagian Baden-Wuerttemberg.

Pihak berwajib menolak menyebutkan identitas pria ini. Namun, media setempat melaporkan, pria ini dikenal dengan Hans Lipschis, salah seorang yang paling dicari oleh Simon Wiesenthal Center, lembaga pemburu para buronan penjahat Nazi Jerman.

Lipschis kelahiran Lituania diberikan warga negara Jerman oleh pihak Nazi. Pria ini dalam petualangannya pernah ke AS pada 1956, kemudian dideportasi ke Jerman pada 1983.

Menurut Simon Wiesenthal dalam laporan tahun 2013, pria ini masuk dalam daftar orang nomor empat yang paling dicari. Dia bekerja sebagai tentara SS-Totenkopf Sturmbann (Batalion Mematikan) dari tahun 1941 sampai 1945 di Auschwitz. Lebih dari satu juta orang diperkirakan tewas di kamp ini dan mereka sebagian besar orang Yahudi dari seluruh Eropa.

Kamp Auschwitz-Birkenau dioperasikan Nazi Jerman di wilayah Polandia yang diduduki pada 1940. Kamp ini dibebaskan tentara Merah Uni Soviet pada 27 Januari 1945.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com