Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Los Angeles Meluas Cepat

Kompas.com - 04/05/2013, 09:30 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Kebakaran di area Los Angeles, California, Amerika Serikat, meluas dari semula 10 hektar langsung menjadi 18.000 hektar dalam waktu kurang dari setengah hari, Jumat (3/5/2013) waktu setempat, atau Sabtu (4/5/2013) pagi waktu Indonesia. Ledakan luas area kebakaran ini mengancam 4.000 rumah warga.

Api mulai muncul pada Kamis (2/5/2013) pagi waktu setempat, dan merusak 15 rumah warga, 15 bangunan luar, serta lima properti komersial, tanpa ada kerusakan total maupun korban jiwa. Namun, perkembangan kebakaran yang berlipat kali dalam waktu sangat cepat membuat otoritas kota setempat memerintahkan evakuasi wajib pada Jumat sore bagi warga County Ventura di kawasan elite Hidden Valley. Lokasi wilayah ini berada di sisi barat laut Los Angeles.

Api yang menjalar cepat karena udara kering dan angin kencang pada hari kedua kebakaran mengancam lebih dari 300 properti komersial dan 50 bangunan lain. Kebakaran yang kerap disebut "Kebakaran Musim Semi" ini sudah hampir masuk level di luar kendali County Ventura. Lebih dari 950 titik kebakaran telah terjadi dan hanya 20 persen yang bisa ditangani aparat setempat.

Pemerintah Federal menyediakan alokasi untuk menutupi 75 persen biaya pemadam kebakaran tersebut, menurut Badan Manajemen Darurat Federal. Kebakaran di County Ventura ini diperkirakan akan terus menjalar sampai ke Samudra Pasifik, menyeberangi Pacific Coast Highway yang memisahkan Pegunungan Santa Monica dengan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com