Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Imbau Pyongyang Bebaskan Pemandu Wisata AS

Kompas.com - 03/05/2013, 11:13 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika mengimbau kepada Korea Utara untuk membebaskan seorang warga Amerika keturunan Korea yang dihukum 15 tahun kerja paksa karena apa yang dikatakan Pyongyang "tindakan bermusuhan" terhadap negara itu.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Patrick Ventrell hari Kamis mengatakan kepada wartawan mengenai Kenneth Bae (44 tahun), seorang pemandu wisata yang ditangkap November lalu.

Kantor berita resmi Korea Utara mengatakan, Bae, yang juga dikenal sebagai Pae Jun-ho, dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung negara itu hari Selasa. Pyongyang sebelumnya mengatakan Bae telah mengaku melakukan kejahatan-kejahatan untuk menggulingkan pemerintah itu.

Ventrell mengatakan, fakta-fakta mengenai kasus itu belum jelas. Rekan Bae juga telah melakukan kampanye untuk membebaskannya.

Sebelumnya, Korea Utara mengatakan pihaknya menjatuhkan hukuman 15 tahun kerja paksa kepada seorang warga Amerika setelah mendapatinya bersalah melakukan apa yang dikatakan Korea Utara "tindakan permusuhan" terhadap negara itu.

Korea Utara sebelumnya mengatakan Pae Jun-ho mengaku bersalah melakukan kejahatan untuk menggulingkan pemerintah. Namun, tidak dijelaskan apa kejahatan-kejahatan yang dituduhkan itu.

Kenneth Bae ditangkap pada November di kota pelabuhan Rason yang terletak di sebuah zona perekonomian khusus dekat perbatasan Rusia dan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com