Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB Imbau Delegasi Wanita Tak Kenakan Rok Mini

Kompas.com - 02/05/2013, 21:04 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Para perempuan yang menghadiri pertemuan tahunan Bank Pembangunan Asia (ADB) di New Delhi, India, Kamis (2/5/2013), disarankan untuk tidak mengenakan rok mini karena bisa memancing pelecehan seksual.

ADB memperingatkan anggota delegasi dari 70 negara anggota -terutama perempuan- agar tidak mengenakan rok pendek yang mempertontonkan sebagian besar kaki mereka.

Alasannya, kondisi itu bisa menyinggung sensibilitas warga India dan memicu pelecehan seksual. Peringatan itu diunggah ke situs resmi ADB.

Dalam satu bagiannya, situs ADB juga memperingatkan bahwa berciuman dan berpelukan bagi warga India sudah dianggap sebagai "bagian hubungan seksual" dan ADB meminta anggota delegasi tidak melakukan kedua aktivitas itu di tempat umum.

"Bahkan bukan ide yang bagus bagi pasangan kekasih untuk bergandengan tangan di tempat umum," demikian ADB.

ADB kemudian mencabut "nasihat" cara berpakaian di India itu dari situs resminya. Juru bicara ADB mengatakan  organisasi itu hanya ingin menyampaikan pesan agar para delegasi berpakaian yang sewajarnya untuk sebuah acara bisnis.

Nasihat cara berpakaian dari ADB itu muncul di tengah maraknya aksi pelecehan seksual dan perkosaan di India yang juga menimpa anak-anak di bawah umur.

Kondisi ini memicu kemarahan warga yang meminta pemerintah India bertindak tegas untuk mengurangi angka kasus perkosaan di negeri itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com