Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Bakal Berhitung dengan Banglades

Kompas.com - 01/05/2013, 15:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kebakaran besar yang meruntuhkan pabrik garmen di Banglades sekaligus menewaskan sedikitnya 390 orang pekerjanya berbuntut panjang. Pasalnya, Uni Eropa (UE) bakal berhitung dengan Banglades soal hubungan dagang antara kedua belah pihak.

Catatan AP pada Rabu (1/5/2013), Banglades adalah mitra dagang terbesar UE, khususnya untuk tekstil dan produk tekstil (TPT). Kemitraan itu membuat Banglades menikmati keuntungan seperti bebas bea masuk, bebas kuota ke pasar UE berdasarkan skema Everything but Arms  (apa pun kecuali senjata). Seluruh pengecualian itu diatur dalam GSP atau Generalized System Preference. "UE akan mempertimbangkan kembali GSP dengan Banglades,"kata Perwakilan Kebijakan Luar Negeri UE Catherine Ashton dan Komisioner Perdagangan UE Karel de Gucht di Brussels, Belgia.

Pabrik garmen itu memproduksi TPT untuk pasokan bagi pengecer di Eropa dan Kanada. Penyelidikan terkini menunjukkan kalau bangunan tersebut dibangun ilegal.

Lebih lanjut, kedua petinggi UE itu mengatakan perhitungan kembali GSP adalah kebijakan UE untuk mendorong manajemen pabrik tetap bertanggung jawab terhadap rantai pasokan TPT yang melibatkan negara-negara berkembang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com