Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditahan karena Anak 9 Tahun Mengemudi Ferrari

Kompas.com - 30/04/2013, 06:20 WIB
Pieter P Gero

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com — Polisi India pada Senin (29/4) menahan seorang pria karena memperbolehkan putranya yang berusia 9 tahun mengemudikan mobil Ferrari di negara bagian Kerala, India selatan.

Mohammed Nisham ditahan atas tuduhan membahayakan kehidupan seorang anak dan memperbolehkan anak kecil mengemudi. Kantor berita AP pada hari Senin, mengutip Inspekstur Polisi Biju Kumar, menegaskan bahwa Nisham ditahan setelah foto putranya berusia 9 tahun beredar di Youtube dan menimbulkan protes keras di seluruh India. Polisi terpaksa menahan Nisham atas kejadian ini.

Peristiwa diawali saat ulang tahun ke-9 sang bocah (tak dirinci namanya) pada dua pekan lalu. Istri Nisham mengambil gambar saat anaknya berada di balik kemudi Ferrari. Adiknya yang berusia 5 tahun terlihat duduk di kursi penumpang. Gambar video yang diambil sang istri ini kemudian beredar di Youtube, yang membuat banyak penduduk India marah.

Ledakan ekonomi India telah menciptakan sejumlah orang superkaya, dan beberapa berita berlebihan soal kehidupan mereka sering muncul di media. Inspektur Polisi MV Verghese menjelaskan, Nisham adalah pedagang tembakau dan realestat. Dia memiliki 18 mobil mewah dengan nilai 4 juta dollar AS atau sekitar Rp 40 miliar.

Polisi lantas menuduh Nisham yang kemudian secara sukarela menyerahkan dirinya kepada polisi di Kochi, kota pelabuhan di India selatan. Namun, dia kemudian dibebaskan dengan jaminan 5.000 rupee atau sekitar Rp 950.000. Polisi juga sempat menyita mobil Ferrari tadi, tetapi kemudian dikembalikan setelah semua berkas perkara disiapkan. Meski demikian, kejadian ini tidak membuat sang ibu, Amal Nisham, menyesal.

"Saya bangga pada anak saya. Dia sudah bisa menyetir pada usia 5 tahun," ujar Amal. Bahkan, dia mengaku bahwa sang anak juga sudah bisa mengemudikan mobil lainnya milik keluarga, seperti Lamborghini dan Bentley.

Kepada jaringan televisi NCTV, sang ibu menegaskan, aksi tersebut dilakukan pada HUT ke-9 anaknya itu, yang sudah beberapa bulan sebelumnya ingin mengemudi Ferrari tadi. Dia begitu penasaran dan percaya diri sebagai pengemudi," ujarnya. "Tidak mudah bagi seorang anak pada usia itu bisa berbuat demikian," ujar Amal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com