Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Lepas Sahamnya di EADS

Kompas.com - 26/04/2013, 17:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemerintah Perancis melepas 12 persen sahamnya di perusahaan induk Airbus, EADS. Menurut warta AP pada Jumat (26/4/2013), kebijakan ini untuk kali kedua selama April tahun ini.

Catatan Kementerian Keuangan Perancis menunjukkan penjualan itu meraup 707 juta euro atau setara dengan 925 juta dollar AS melalui penjualan 17,6 juta saham EADS, kemarin. Bersamaan dengan penjualan 12 juta saham pada 16 April 2013, Pemerintah Perancis menangguk dana hingga 1,19 miliar euro dari total penjualan saham kepemilikannya di EADS.

Penjualan saham itu diumumkan pada Desember 2012 sebagai bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Perancis dan Jerman yang masing-masing melego 12 persen saham. Sementara itu, Spanyol masih menahan 4 persen sahamnya di EADS.

Penjualan saham pemerintah negara-negara yang berkongsi dalam bisnis pembuatan pesawat terbang Airbus ini sebelumnya didahului perusahaan-perusahaan swasta pemilik saham di EADS. Paling tidak, Daimler AG asal Jerman dan Lagardere SCA asal Perancis sudah lebih dulu melepas saham masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com