Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakar Bayi Hidup-hidup, Empat Orang Ditangkap

Kompas.com - 26/04/2013, 11:11 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com- Aparat penegak hukum Cile menangkap empat orang yang diduga anggota sebuah sekte yang dituduh telah membakar seorang bayi hingga tewas dalam sebuah ritual pengorbanan manusia, kata para pejabat negara itu, Kamis (25/4). "Kami telah menemukan tulang-belulang seorang bayi," kata Miguel Ampuero, seorang penyidik polisi, dalam wawancara dengan sebuah radio Cile.

Pemimpin sekte itu yang juga ayah si bayi, Ramon Gustavo Castillo Gaete (36 tahun), percaya bahwa akhir dunia sudah dekat dan bahwa bayi tersebut antikristus. Maka, bayi malang usia tiga hari itu lalu diikat dengan pita di mulutnya dan dilemparkan ke dalam api unggun. "Bayi itu ditelanjangi. Mereka melilitkan pita di sekitar mulutnya agar bayi itu tak menjerit. Kemudian meletakannya di atas papan. Setelah memanggil roh-roh, mereka melemparkan dia ke dalam api unggun dalam keadaan masih hidup," kata Ampuero.

Peristiwa itu terjadi pada 23 November tahun lalu di sebuah peternakan di luar kota Quilpe, sekitar 110 kilometer di sebelah barat Santiago.

Ibu bayi itu, Natalia Guerra yang berusia 25 tahun, diduga telah menyetujui pengorbanan itu. Ia berada di antara mereka yang ditahan pada Kamis. "Saya sangat terpukul, tetapi (para anggota sekte) mengatakan kepada saya bahwa itu merupakan karma saya," ujar sang ibu dalam sebuah interogasi.

Pihak berwenang mengatakan, sekte beranggota 12 orang didirikan tahun 2005 dan dipimpin oleh Castillo Gaete yang kini buron. "Semua orang dalam sekte ini merupakan para profesional," kata Ampuero. "Kami mengetahui ada seseorang dokter hewan dan pramugari, ada pembuat film, juru gambar. Orang-orang yang punya gelar dari universitas."

Surat perintah penangkapan untuk Castillon Gaete telah diterbitkan. Polisi mengatakan Castillo Gaete terakhir terlihat bepergian ke Peru untuk membeli ayahuasca atau dikenal juga dengan sebutan vine of the soul, yaitu sebuah minuman dari ramuan tanaman yang memberi efek halusinogen. Minuman tersebut dilaporkan telah digunakan Castillo Gaete untuk mengontrol para anggota sekte.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com