Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julian Assange Sulit Memenangi Kursi Senat

Kompas.com - 16/04/2013, 13:39 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

MELBOURNE, KOMPAS.com -- Sebuah jajak pendapat mengatakan bahwa Partai Wikileaks yang didirikan Julian Assange mendapatkan dukungan cukup banyak, namun kemungkinan belum cukup untuk membuat Assange terpilih sebagai anggota Senat Australia.

Menurut jajak yang dilakukan Fairfax-Nielsen, dukungan untuk Assange dan Partai Wikileaks paling tinggi di negara bagian Victoria, dimana 22 persen orang yang mengatakan mengetahui Assange akan memberikan suara untuknya. Ini berarti sekitar 15 persen penduduk negara bagian tersebut.

Koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya melaporkan, dalam pemilihan senat, seorang calon hanya memerlukan suara 14 persen untuk bisa terpilih, sehingga Assange akan memenangkan kursi di Victoria, namun itu hanya terjadi bila semua pemilih yang akan memilih dia, betul-betul memberikan suaranya. Menurut laporan smh.com.au, Assange akan memperebutkan kursi Senat di Victoria dalam pemilihan umum 14 September, namun dia tidak bisa melakukan kampanye karena masih bertahan di kedutaan Ekuador di London.

Pendiri Wikileaks ini mendapatkan suaka politik dari Ekuador setelah bandingnya di London agar tidak dikirim ke Swedia guna menghadapi dakwaan seksual ditolak oleh pengadilan tinggi Inggris.

Dua ahli jajak pendapat Australia mengatakan peluang partai Wikileaks untuk mendapatkan kursi Senat "sangat kecil". "Dari jumlah suara ini kelihatannya pencalonan Assange cukup populer, namun dari angka itu, saya masih sangat meragukan dia akan menang." kata John Stirton dari Nielsen. "Dari jumlahnya sudah mencukupi, namun setiap orang harus memberikan suaranya dan saya kira kemungkinan tersebut kecil sekali."

Pakar pemilu dari ABC Antony Green mengatakan, Assange punya peluang, dan hanya mungkin terpilih bila "semua partai kecil lain memberikan pilihannya untuk Assange". "Peluang Assange untuk menang dari pilihan pertama hampir nol." kata Green.

Menurutnya, Partai Wikileaks kemungkinan akan mendapatkan 3 persen suara secara nasional, dan mungkin 4 persen di Victoria. Ideologi Partai Wikileaks adalah memperjuangkan "kebenaran dan kebebasan arus informasi".

Untuk memenangkan kursi Senat, Assange harus bisa mencuri suara dari partai-partai berhaluan kiri, padahal di Victoria, dukungan terhadap partai Buruh dan partai Hijau sangat tinggi.

Menurut jajak tersebut, dukungan kedua tertinggi bagi Assange dan Wikileaks adalah di negara bagian New South Wales, dimana 14 persen penduduk di sana mengatakan akan mempertimbangkan untuk memilih mereka, dan paling rendah adalah di ibukota Canberra, dengan hanya mendapatkan dukungan 5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com