Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terekam Peras Warga, 36 Polisi India Diberhentikan

Kompas.com - 11/04/2013, 20:41 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Tak hanya polisi di Bali saja yang terekam video tengah memeras, polisi India tepatnya di kota Mumbai, juga terekam  tengah memeras seorang warga.

Akibat rekaman itu, sebanyak 36 orang polisi kota Mumbai dibebastugaskan. Ini adalah kali pertama begitu banyak petugas polisi dinonaktifkan dalam sebuah kasus yang sama di India.

Kasusnya berawal dari aksi pemerasan yang dilakukan sejumlah polisi terhadap seorang tukang bangunan, Kasam Khan.

Khan mengatakan dia tengah bekerja di kawasan Nehru Nagar, Mumbai ketika sejumlah polisi mendatanginya dan meminta sejumlah uang.

Namun, tanpa disadari para polisi itu, Khan sudah memasang rekaman video di tempat tersembunyi selama dua pekan pada Maret lalu.

Khan memasang rekaman video setelah sejumlah polisi mengancam akan menuduhnya melakukan pembangunan ilegal kecuali dia membayar sejumlah uang.

Khan kemudian menyerahkan rekaman video itu kepada seorang perwira polisi yang berujung pada pemecatan puluhan petugas polisi.

Kepala Kepolisian Mumbai, Satyapak Singh menyebut insiden ini sebagai kejadian yang sangat memalukan dan berjanji menghukum para polisi pemeras itu.

Seperti dikabarkan BBC, pemerintah Negara Bagian Maharashtra tengah meluncurkan pemberantasan korupsi usai kejadian ambruknya sebuah gedung yang menewaskan 74 orang.

Banyak kalangan menduga banyak bangunan ilegal didirikan di Mumbai oleh para pengembang yang menyuap polisi dan pemerintah lokal untuk menutup mata terhadap buruknya standar keselamatan gedung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com