Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Dilanda Gempa, AS Tawarkan Bantuan

Kompas.com - 11/04/2013, 09:51 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Gedung Putih, yang berselisih dengan Iran terkait program nuklir negara itu, Rabu (10/4/2013), menawarkan untuk membantu Teheran yang bergulat dengan gempa mematikan di Iran selatan.

Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang dekat stasiun tenaga nuklir Iran, Selasa, yang menewaskan 37 orang dan melukai 850 lainnya serta menghancurkan rumah dan dua desa kecil, kata laporan media Iran.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Caitlin Hayden, mengatakan dalam satu pernyataan bahwa rakyat Amerika menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran atas kehancuran yang disebabkan gempa itu. "Kami sangat sedih atas hilangnya sejumlah nyawa dan kerusakan yang disebabkan bencana itu, dan siap untuk membantu rakyat Iran pada saat ini," katanya.

Kedua negara tetap berselisih terkait dugaan bahwa Iran mengejar senjata nuklir. Presiden Barack Obama berjanji pada perjalanan ke Israel bulan lalu bahwa Amerika Serikat tidak akan membiarkan Teheran untuk memiliki senjata nuklir. Sejumlah sanksi internasional pun kini masih diterapkan terhadap Iran terkait dugaan upayanya untuk memiliki senjata nuklir, walau Iran berulang kali menegaskan bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com