Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donor Ginjal Australia Dapat Kompensasi dari Pemerintah

Kompas.com - 07/04/2013, 11:02 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com - Guna mendorong lebih banyak orang untuk memberikan salah satu ginjal mereka untuk donor, mereka akan diberi kompensasi senilai enam minggu gaji rata-rata.

Menteri Kesehatan Australia Tanya Pilbersek mengumumkan hal tersebut hari Minggu (7/4/2013 dengan mengatakan pemerintah sudah menganggarkan dana senilai 1,3 juta dolar selama dua tahun, yang akan dikaji kembali di tahun 2015.

Pilbersek mengatakan para pendonor ini akan diberi gaji enam minggu, senilai 3600 dolar (sekitar Rp 36 juta), guna membantu para pendonor tersebut beristirahat di rumah sebelum dan sesudah operasi besar tersebut.

Menurut laporan news.com.au hari Minggu, pemerintah juga berharap para pendonor ini mendapatkan cuti dari perusahaan dan bisnis yang ada juga memberi gaji tambahan bagi mereka.

"Para pendonor ini sudah memberikan sesuatu yang sangat berharga bagi kehidupan orang lain, dan pemerintahan Gillard melihat bahwa tindakan ini harus didukung dan dihargai." kata Menteri Pilbersek.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, setiap tahunnya, sekitar 288 warga Australia menyumbangkan salah satu organ vital mereka, dan 99 persen adalah ginjal. Mereka yang memerlukan ginjal baru sekitar 1000 orang.

Dalam kebanyakan kasus, donor biasanya datang dari anggota keluarga, sehingga kemudian menimbulkan masalah keuangan baik bagi pendonor maupun sang pasien. Membeli atau menjual organ tubuh masih merupakan hal terlarang di Australia, sehingga beberapa penderita kemudian melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mendapatkan organ baru.

Lembaga Kesehatan Ginjal Australia mendukung solusi radikal tersebut. "Meskipun di Australia keberhasilan transplantasi organ termasuk salah satu tertinggi di dunia, namun menurunnya tingkat donasi organ sehingga pasti tidak akan mencukupi." kata CEO Kesehatan Ginjal Australia Anne Wilson. Tingkat harapan hidup bagi mereka yang menerima ginjal baru untuk hidup selama 5 tahun, adalah 94 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com