Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Uruguay Terekam Mikrofon Mengumpat

Kompas.com - 05/04/2013, 09:31 WIB

MONTEVIDEO, KOMPAS.com  Presiden Uruguay, Jose Mujica, jadi merah padam mukanya, Kamis (4/4/2013), setelah terekam mikrofon mengumpat Presiden Argentina, Cristina Kirchner, dan mantan suaminya. "Perempuan tua jahanam ini lebih buruk dibandingkan suaminya yang juling itu," kata Mujica ketika berbicara dengan suara pelan kepada pejabat lainnya saat ia memulai jumpa pers.

Menurut harian El Observador, yang memuat rekaman suara itu di situsnya, Mujica mengarahkan pernyataannya itu kepada Cristina Kirchner dan mendiang suaminya, Nestor Kirchner, yang meninggal mendadak karena serangan jantung pada tahun 2010.

Mujica tidak sadar bahwa mikrofon sudah menyala saat ia menyampaikan umpatan tersebut. Berita tentang insiden itu masuk dalam laman koran tersebut dan menarik kunjungan pengguna internet sehingga mencatat trafik yang bersejarah. Demikian kata manajer konten digital media itu. Komentar Mujica itu juga secara cepat menjadi perbincangan ramai di media sosial.

Mujica, sejam kemudian, mengatakan kepada versi online harian La Republica bahwa ia tidak membicarakan atau menyebut apa pun tentang Argentina dan karena itu tidak akan memberikan klarifikasi.

Namun, pernyataan kontroversial Mujica itu langsung mendapat tanggapan keras Pemerintah Argentina. Beberapa jam setelah pernyataan Mujica tersebar, Menteri Luar Negeri Argentina, Hector Timerman, memanggil Duta Besar Uruguay, Guillermo Pomi, dan memberikan nota protes tertulis. Pihak Argentina menyampaikan kepada duta besar itu bahwa komentar seperti itu "tidak dapat diterima, menghina, dan menyinggung kenangan akan orang yang sudah meninggal", yang merujuk kepada mendiang Presiden Nestor Kirchner.

"Kementerian Luar Negeri ingin memberitahukan kepada Kedutaan Uruguay soal ketidaknyamanan yang mendalam yang diciptakan oleh pernyataan Presiden Jose Mujica mengenai mendiang Presiden Nestor Kirchner," demikian pernyataan pihak Argentina seperti dikutip situs harian Buenos Aires Herald.

Mujica (77 tahun) adalah mantan gerilyawan yang mulai menjabat sebagai Presiden Uruguay pada 2010. Sementara Nestor Kirchner pernah menjabat sebagai Presiden Argentina dari tahun 2004 hingga 2007. Istrinya, Cristina, menggantikan dia dan terpilih kembali sebagai Presiden Argentina pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com