Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angka Pengangguran di Zona Euro Tak Beranjak

Kompas.com - 02/04/2013, 18:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Biro Statistik Eurostat mengatakan, angka pengangguran di negara-negara pengguna mata uang euro (zona euro) tak beranjak dari posisi 12 persen sampai dengan akhir Februari 2013. "Angka ini sama dengan data pada akhir Januari 2013," kata pernyataan lembaga itu sebagaimana warta AP pada Selasa (2/4/2013).

Andai angka itu dibandingkan dengan periode sama pada 2012 terjadi kenaikan 2,9 persen. "Hal itu berarti krisis euro masih terus berlangsung," kata Eurostat.

Data itu juga menunjukkan, kalau 26, 338 juta rakyat di Uni Eropa tidak mempunyai pekerjaan sampai dengan akhir Februari 2013. Dari jumlah itu, 19,071 juta warga tinggal di zona euro.

Secara berturut-turut, negara-negara zona euro dengan tingkat pengangguran terendah adalah Austria (4,8 persen), Jerman (5,4 persen), Luksemburg (5,5 persen), dan Belanda (6,2 persen). Lalu, berdasarkan data sampai dengan Desember 2012, Yunani, kata Eurostat, adalah negara zona euro dengan tingkat pengangguran tertinggi, yakni 26,4 persen. Menyusul di belakangnya adalah Spanyol dengan komposisi 26,3 persen.

Data juga menunjukkan angka pengangguran rerata di Eropa masih paling buruk ketimbang di AS dan Jepang. Sampai dengan akhir Februari 2013, rerata pengangguran di AS ada 7,7 persen. Lalu, di Jepang, angkanya mencapai 4,2 persen. Sementara di Eropa, angkanya ada di posisi 10,9 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com