Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Es Krim Dunia Pecah

Kompas.com - 02/04/2013, 13:44 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TEHERAN, KOMPAS.com - Perusahaan susu Iran berniat memecahkan rekor es krim dunia sekaligus mencatatkan dirinya pada Guinness Book of World Records. Choopan, perusahaan susu ini menyediakan contong eks krim coklat seberat lima ton di Teheran pada hari Senin dalam upaya memecahkan rekor es krim terbanyak di dunia.

Perusahana Choopan, menyediakan contong raksasa dengan lebar lebih dari dua metera dan tinggi 1,65 meter dan dipajang di tempat wisata di kaki bukit Tochal, sedikit di utara Teheran, di mana lebih dari 10.000 orang bisa melihat contong raksasa ini.

"Kami selesaikan pembuatan contong es krim raksasa ini hari Minggu, dan memerlukan waktu delapan jam untuk mengisi penuh cxontong tadi dengan eks krim coklat ," ujar Khashayar Baheri, CEO Choopan sebagaimana dikutip kantor berita AFP hari Selasa (2/4).

"Kami mencatat serius bagaimana kami membuat es krim dan kami mengirimkan catatan tadi ke Guinness sebagai bukti dari upaya kami memecahkan rekor dunia," ujarnya.

Wakil dari Guinness Book of World Record menjadi saksi dalam upaya menciptakan rekor ini di Reheran. Namun dia tidak bsia berbicara kepada media karena alasan keamanan. Rekor es krim raksasa sebelumnya dipegang jaringan es krim AS Baskin-Robbins setelah mereka membuat contong es krim berisi eks krim vanilla seberat 4,02 ton pada September 2005.

Perusahaan susu Choopan, dalam bahasa Parsi yang berarti Gembala didirikan tahun 1991 di dekat Teheran. Namun perusahaan ini baru meluncurkan produk es krim tahun lalu. Perusahaan ini merupakan tiga besar produsen susu di Iran, dan produk mereka diekspor ke kawasan Teluk dan Timur Tengah. Mereka juga berniat mengekspor produk ke Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com