Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silakan Datang ke Afganistan!

Kompas.com - 22/03/2013, 18:57 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Afganistan membuka diri untuk kunjungan wisatawan. Demikian kata Duta Besar Republik Islam Afganistan untuk Indonesia, Ghulam Sakhi Ghairat. "Silakan datang ke Afganistan. Kami membuka diri untuk para wisatawan kapan saja," kata Ghairat saat menjadi salah satu narasumber pada pembukaan Festival Nowruz di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Menurut Ghairat, Afganistan adalah negeri dengan peninggalan peradaban Islam kuno. Dia menyebut Herat, Kandahar, bahkan Kabul yang kaya akan monumen-monumen peninggalan kebudayaan Islam kuno. "Peninggalan itu berasal dari 5.000 tahun silam," katanya.

Sementara itu, terkait Nowruz, Afganistan merupakan negara yang mendapat pengaruh juga dari kebudayaan Persia. Nowruz yang berarti Hari Baru adalah hari pertama tahun baru ala penanggalan Persia. Andai dibandingkan dengan penanggalan Masehi, Nowruz jatuh tiap 21 Maret.

Nowruz adalah hari pertama musim semi menurut kebudayaan Persia. Sampai sekarang, perayaan itu disambut oleh 300 juta orang di wilayah dengan pengaruh kebudayaan Persia, yakni khususnya di Semenanjung Balkan, Laut Hitam, Kaukasus, Asia Tengah, dan Timur Tengah. Mayoritas di negara-negara tersebut, Nowruz ditetapkan sebagai hari libur. Pada hari itulah, ada pergelaran pesta rakyat dengan segala bentuk kesenian dan kuliner khas.
 
Nowruz pun sudah diperingati sejak 3.000 tahun silam. Kendati demikian, Majelis Umum PBB baru mengakui Nowruz secara internasional pada 2010. Sementara itu, UNESCO menetapkan Nowruz sebagai Peninggalan Budaya Tak Benda pada 2009.

Perhelatan Festival Nowruz tersebut selain oleh Ghulam Sakhi Ghairat dibuka bersama-sama oleh Duta Besar Republik Azerbaijan Tamerlan Karayev, Duta Besar Republik Islam Iran Mahmoud Farazandeh, Duta Besar Republik Kazakstan Ashkat T Orazbay, Duta Besar Republik Islam Pakistan Sanaullah, Duta Besar Republik Turki Zekeriya Akcam, dan Duta Besar Republik Uzbekistan Shavkat Jamalov.

Sementara menurut penjelasan Duta Besar Tamerlan Karayev di negara Goergia, Nowruz  ditetapkan sebagai Hari Nasional. Iran bahkan menetapkan awal tahun anggaran belanja negara bertepatan dengan Nowruz.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com