Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Dunia Hadiri Pelantikan Paus

Kompas.com - 18/03/2013, 17:21 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Para pemimpin dunia, Senin (18/3/2013), tiba di Roma, Italia, untuk menghadiri misa pelantikan Paus Fransiskus.

Pemimpin umat Katolik sedunia ini akan dilantik pada Selasa (19/3/2013) di Lapangan Basilika St Petrus. Diperkirakan satu juta orang akan memadati Roma.

Sejumlah pemimpin dunia seperti Kanselir Jerman Angela Merkel, PM Spanyol Mariano Rajoy, PM Perancis Jean-Marc Ayrault, Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy, dan Ketua Komisi Eropa Jose Manuel Barosso dipastikan hadir di Vatikan.

Tokoh lain yang juga datang adalah Presiden Zimbabwe Robert Mugabe yang sudah tiba di Roma meski Uni Eropa menerapkan sanksi larangan perjalanan bagi pemimpin Afrika terlama itu.

Mugabe, yang memeluk Katolik, pada 2011 pernah mengunjungi Vatikan dalam upacara penyematan gelar santo untuk mendiang Paus Yohanes Paulus II.

Pada 2005, Mugabe juga hadir dalam pemakaman Paus Yohanes Paulus II. Saat itu, muncul kontroversi ketika Pangeran Charles menjabat tangan Robert Mugabe.

Sementara Wakil Presiden AS Joe Biden, yang juga seorang pemeluk Katolik, sudah tiba di Roma pada Minggu (17/3/2013) malam.

Nama-nama pemimpin lainnya yang hadir adalah Presiden Brasil Dilma Rousseff, Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, dan Presiden Cile Sebastian Pinera.

Sementara tokoh-tokoh agama yang diharapkan hadir antara lain Uskup York John Semtamu, Patriakh Gereja Koptik Ibrahim Isaac Sidrak, dan perwakilan dari Gereja Ortodoks Rusia, Metropolitan Hilarion.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com