Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Iran Cegat "Drone" AS

Kompas.com - 15/03/2013, 10:40 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Sebuah pesawat jet tempur Iran mencegat sebuah pesawat terbang tanpa awak atau drone milik AS yang tengah terbang di atas Teluk Persia. Demikian pernyatan Pentagon, Kamis (14/3/2013), waktu AS.

Namun, pesawat jet tempur Iran itu akhirnya mengurungkan niatnya setelah dua jet tempur AS datang ke lokasi pencegatan.

"Salah satu dari pesawat tempur AS menembakkan peluru suar sebagai peringatan untuk jet tempur Iran, yang kemudian menghentikan pengejaran," kata juru bicara Pentagon, George Little.

Little menambahkan, tidak ada tembakan dimuntahkan kedua pihak dalam insiden yang terjadi pada Rabu (13/3/2013), yang menurut Pentagon terjadi di atas perairan internasional itu.

Sebelum diusir jet tempur AS, pesawat tempur F-4 milik Iran sempat hanya berjarak 25 kilometer dari drone Predator itu. Jet tempur F-4 adalah pesawat terbang buatan AS pada era 1960-an.

Pada November 2012, sebuah jet tempur Iran menembaki sebuah drone AS. Insiden itu menuai protes keras dari Amerika Serikat.

Setelah insiden November itu, Pentagon bertekad tetap melanjutkan operasi pemantauan di atas perairan internasional untuk memastikan keamanan pasukan AS di kawasan itu.

"Kita berhak melindungi aset militer kita, termasuk pasukan kita. Dan kita akan terus melakukan apa yang sudah kita lakukan sebelumnya," tambah Little.

Pada Desember 2011, Iran berhasil menangkap drone mata-mata Sentinel yang canggih setelah jatuh di wilayah Iran. Insiden itu sangat menampar wajah Washington.

AS meningkatkan kehadiran militernya di Teluk Persia dalam beberapa tahun terakhir, setelah Iran mengancam untuk memblokade Selat Hormuz yang strategis sebagai balasan atas sanksi internasional terhadap Iran terkait program nuklirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com