Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Usir Dua Diplomat Venezuela

Kompas.com - 12/03/2013, 02:21 WIB

WASHINGTON,KOMPAS.com - Amerika Serikat mengusir dua diplomat Venezuela, Sabtu (9/3/2013) waktu setempat. Langkah ini disebut sebagai pembalasan, setelah Venezuela memerintahkan dua perwira Angkatan Udara AS meninggalkan negara itu,.

Sekretaris Dua Orlando Jose Montanes dan pejabat konsuler Victor Tamacaro dinyatakan sebagai "persona non grata" oleh Amerika, Sabtu (9/3/2013), dan keduanya meninggalkan Amerika, Minggu (10/3/2013). Seperti dikutip dari AFP, Senin (11/3/2013), juru bicara Amerika yang tak bersedia disebutkan namanya mengatakan konvensi Wina mengizinkan siapapun dapat ditetapkan sebagai "persona non grata."

Pengusiran itu dilakukan hanya 24 jam setelah pemakaman almarhum Presiden Hugo Chavez, yang meninggal pekan lalu akibat kanker. Langkah pengusiran ini semakin memperburuk hubungan kedua negara, yang masing-masing sudah saling tak menempatkan duta besar sejak 2010. Kontak kedua negara terus coba dijalin, tapi sampai saat ini belum ada perbaikan berarti.

Sepeninggal Chavez, Venezuela dijadwalkan menggelar pemilihan Presiden pada 14 April 2013. Calon kuat untuk menggantikan Chavez adalah Cicolas Maduro, Wakil Presiden yang kemudian dilantik menjadi Presiden sementara Venezuela. Maduro juga yang pekan lalu mengumumkan pengusiran dua atase militer Amerika Serikat, sesaat sebelum pengumuman meninggalnya Chavez.

Dalam pengumuman pengusiran, Maduro menuduh orang-orang Amerika berusaha menggoyahkan Venezuela. Dia juga menuding Amerika Serikat berada di balik penyakit kanker yang akhirnya membuat Chavez meninggal. Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menanggapi pernyataan Maduro dengan menyebut tuduhan itu sebagai 'konyol'. (M014/Tasrief Tarmizi)

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Hugo Chavez Meninggal

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com