Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pemimpin Dunia Hadiri Pemakaman Chavez

Kompas.com - 08/03/2013, 13:09 WIB

CARACAS, KOMPAS.com  Para pejabat Venezuela mengatakan, sekitar 55 pemimpin dunia akan menghadiri upacara pemakaman kenegaraan Presiden Hugo Chavez, Jumat (8/3/2013), termasuk pejabat dari Kuba, Iran, dan Belarus.

Pemimpin sementara negara itu, Nicolas Maduro, mengatakan, para kepala negara atau pemerintahan dari negara-negara Afrika, Asia, Eropa, Amerika Latin, dan Karibia telah memastikan kehadiran mereka dalam upacara militer di Akademi Militer Caracas pada pukul 15.30 GMT (atau 22.30 WIB).

Chavez membina hubungan dekat dengan beberapa pemimpin anti-AS selama 14 tahun pemerintahan sosialisnya. Ia antara lain menjalin hubungan dengan pemimpin seperti Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad, dan mendiang pemimpin Libya Moamar Khadafy.

Sekutu terdekatnya, Presiden Kuba Raul Castro, merupakan pemimpin paling akhir yang tiba di Caracas pada hari Kamis untuk melakukan penghormatan kepada pemimpin sosialis yang menjual minyaknya dengan harga murah demi menjaga rezim komunis itu tetap bertahan. Castro akan disusul oleh dua musuh AS lainnya, Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad dan orang kuat Belarus Alexander Lukashenko, pada Kamis malam. Hampir semua pemimpin Amerika Latin akan hadir pada upacara itu, termasuk Presiden Brasil Dilma Rousseff dan pendahulunya Luiz Inacio Lula da Silva, Presiden Ekuador Rafael Correa, dan Presiden Bolivia Evo Morales.

Negara-negara Uni Eropa mengirimkan para pejabat lebih rendah, sementara Amerika Serikat diperkirakan tidak akan diwakili oleh pejabat senior.

Spanyol mengirimkan ahli waris takhtanya, Pangeran Felipe. Perancis mengirim Menteri Luar Negeri Victorin Lurel. Ke 27 negara Uni Eropa akan diwakili oleh ketua delegasinya di Caracas.

Maduro mengatakan, Rusia telah mengirimkan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, tetapi dia tidak mencatat semua pemimpin yang sedang dalam perjalanan.

Chavez, yang meninggal karena kanker pada usia 58 tahun, Selasa lalu, disemayamkan di negaranya sejak Rabu. Pemerintah negara itu mengatakan, jenazahnya akan dipindahkan pada Jumat ini ke barak militer di mana ia merencanakan kudeta yang gagal pada 1992. Hugo Chavez akan dibalsam agar bisa dilihat "selamanya".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com