Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahkota Berlian Raksasa di Pusat Sengketa Inggris-India

Kompas.com - 22/02/2013, 16:02 WIB

AMRITSAR, KOMPAS.com — Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, berlian raksasa yang diambil Inggris dari India pada era kolonial dan kini disematkan di sebuah mahkota kerajaan tidak akan dikembalikan.

Ketika berbicara pada hari terakhir kunjungan tiga harinya ke India, yang bertujuan untuk menghidupkan perdagangan dan investasi, Cameron mengesampingkan penyerahan kembali berlian Koh-i-Noor 105 karat itu, yang sekarang dipamerkan di Menara London. Berlian itu telah disematkan di mahkota almarhum ibu Ratu Elizabeth.

Sebagian warga India, termasuk cucu dari pemimpin kemerdekaan India Mahatma Gandhi, menuntut agar berlian yang tergolong salah satu berlian terbesar di dunia itu dikembalikan untuk menebus masa kolonial Inggris.

"Saya tidak berpikir bahwa itu pendekatan yang tepat," kata Cameron kepada wartawan, Rabu (20/2/2013). Ia merupakan perdana menteri Inggris pertama yang menyuarakan penyesalan terkait salah satu episode paling berdarah pada era kolonial Inggris di India, yaitu pembantaian warga sipil tak bersenjata di kota Amritsar tahun 1919.

"Itu permintaan yang sama dengan Elgin Marbles," katanya. Ia merujuk pada patung marmer Yunani klasik yang sudah lama dituntut Athena agar dikembalikan.

"Jawaban yang benar adalah untuk Museum Inggris dan lembaga-lembaga kebudayaan lain untuk melakukan dengan tepat apa yang mereka lakukan, yang terkait dengan lembaga-lembaga lain di seluruh dunia guna memastikan bahwa benda-benda yang kita miliki dan rawat dengan begitu baik di-share dengan orang-orang di seluruh dunia. Saya tentu tidak percaya pada returnism. Saya tidak berpikir itu masuk akal."

Gubernur Jenderal Inggris di India pada masa kolonial merancang untuk menghadiahkan sebuah berlian raksasa kepada Ratu Victoria pada 1850. Jika Kate Middleton, istri Pangeran William yang berada pada baris kedua dalam garis takhta kerajaan Inggris, akhirnya menjadi permaisuri, dia akan mengenakan mahkota berlian itu pada acara-acara resmi.

Ketika Elizabeth II melakukan kunjungan kenegaraan ke India untuk menandai ulang tahun ke-50 kemerdekaan India dari Inggris pada tahun 1997, banyak orang India menuntut agar berlian itu dikembalikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com