Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNG Tetapkan Dua Tersangka Pembunuh "Penyihir"

Kompas.com - 18/02/2013, 15:05 WIB

PORT MORESBY, KOMPAS.com — Kepolisian Papua Niugini (PNG), Senin (18/2/2013), menetapkan dua orang sebagai tersangka pembunuhan seorang perempuan muda yang dituduh melakukan praktik sihir.

Polisi menganggap Janet Ware dan Andrew Watea sebagai tersangka utama pembunuhan Kepari Leniata (20), yang disiksa dan dibakar sampai mati awal bulan ini.

Leniata dituduh sebagai penyihir oleh kerabat dari seorang bocah laki-laki yang meninggal dunia di rumah sakit beberapa waktu sebelum pembunuhan itu. Jane dan Andrew diyakini polisi adalah ibu dan paman bocah laki-laki yang meninggal dunia itu.

Keduanya bersama 40-an orang lainnya pekan lalu ditahan terkait pembunuhan terhadap Leniata. Puluhan orang lain dibebaskan karena kurangnya barang bukti. Namun, polisi yakin masih bisa mengungkap sejumlah tersangka baru.

Di daerah pedesaan PNG, penyihir selalu diasosiasikan dengan sebuah kemalangan atau kematian yang tak bisa dijelaskan. Namun, pembunuhan brutal terhadap Leniata itu memicu kemarahan di seluruh negeri kawasan Pasifik Selatan dan memicu kecaman dari perdana menteri, kepolisian, dan para diplomat.

Sesuai undang-undang PNG, pembunuhan bisa berujung hukuman mati bagi pelakunya. Namun, sejak PNG merdeka pada 1975, belum pernah sekali pun negeri itu melaksanakan hukuman mati.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com