Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa di Singapura Menentang Warga Asing

Kompas.com - 17/02/2013, 10:23 WIB

Sekitar 2.000 warga Singapura menggelar aksi unjuk rasa yang jarang terjadi di negara itu untuk memprotes meningkatnya jumlah pekerja asing, Sabtu (16/2).

Unjuk rasa selama tiga jam itu diserukan oleh sekelompok pegiat masyarakat madani dan berlangsung dengan damai.

Aksi ditempuh setelah pemerintah mengumumkan jumlah para pekerja asing diperkirakan akan mencapai hampir setengah dari total penduduk pada tahun 2030 karena rendahnya tingkat kelahiran.

Para pengunjuk rasa membawa payung untuk berlindung dari hujan lebat dan sebagian mengenakan pakaian hitam.

Mereka antara lain berteriak 'kami ingin perubahan' selama menggelar aksinya di kawasan yang memang disediakan untuk menggelar unjuk rasa.

Pihak pengelola mengatakan banyaknya warga yang berpartisipasi dalam unjuk rasa memperlihatkan rakyat Singapura tidak takut lagi untuk mengungkapkan pendapatnya.

"Banyaknya massa memperlihatkan kepada PAP (partai yang memerintah) bahwa mereka tidak takut lagi, mereka tidak ingin bersembunyi di balik Facebook untuk memperlihatkan ketidaksenangan mereka," tutur Gilbert Goh, salah seorang pemimpin aksi unjuk rasa kepada kantor berita AFP.

Kemarahan pada pemerintah

Penggalangan dukungan atas unjuk rasa dilakukan lewat internet dan media sosial dengan sasaran Partai Aksi Rakyat (PAP) yang sudah berkuasa di Singapura selama 50 tahun lebih.

Banyak yang berpendapat bahwa unjuk rasa ini merupakan yang terbesar di Singapura.

"Saya kira ini merupakan unjuk rasa politik terbesar dalam beberapa dekade belakangan. Ini juga merupakan yang pertama yang mengarahkan kemarahan langsung kepada pemerintah," tutur Reuben Wong, asisten profesor ilmu politik di Universitas Nasional Singapura.

Singapura merupakan negara dengan perekonomian maju yang mengendalikan kehidupan sosial warganya dengan ketat dan membatasi suara pembangkang politik.

Bulan lalu, sebuah dokumen pemerintah mengatakan jumlah penduduk negara kota ini akan mencapai sekitar 6,5 hingga 6,9 juta pada tahun 2030 dengan 45 persen lebih merupakan warga asing.

Warga asing yang datang ke sering dituduh mengambil pekerjaan dan sekaligus menjadi beban dalam sistem tunjangan kesejahteraan sosial negara itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com