Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Nuklir Korut Tak Hasilkan Isotop Radioaktif

Kompas.com - 14/02/2013, 20:14 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Para ahli Korea Selatan mengatakan mereka tidak mendeteksi isotop radioaktif dari uji coba nuklir Korea Utara, yang menghambat upaya mengakses peralatan yang digunakan.

Delapan sampel sudah dianalisa dan tidak ditemukan kandungan radioaktif, seperti dinyatakan Komisi Keamanan dan Keselamatan Nuklir Korea Selatan.

Jika ditemukan -khususnya gas xenon- maka akan bisa membantu para ahli untuk memastikan apakah uji coba menggunakan peralatan berbasis plutonimun atau uranium.

Tak lama setelah uji coba nuklir Korea Utara berlangsung, pesawat terbang dan kapal Korea Selatan langsung dikerahkan untuk mengumpulkan sampel. Jepang juga langsung menerbangkan pesawatnya untuk tujuan yang sama.

"Dua hari setelah uji coba nuklir Korea Utara, komisi telah menyelesaikan analisis atas delapan sampel dan tidak ada isotip radioaktif yang ditemukan hingga pukul 15.00 Kamis," tulis pernyataan komisi.

Ditambahkan bahwa tidak ada juga perubahan yang tercatat dalam 122 sistem pemantau radiasi yang tersebar di Korea Selatan.

Pengumuman ini muncul bersamaan dengan berlangsungnya latihan militer Korea Selatan di kawasan perbatasan, Kamis 14 Februari.  

Diduga Melibatkan Uranium

Korea Utara pada Selasa 12 Februari megatakan telah melaksanakan uji coba nuklir bawah tanah, yang menurut mereka lebih kecil dari yang sebelumnya namun dengan daya ledak lebih kuat.

Getaran seismik yang dipicu oleh uji coba di lokasi Punggye-ri itu dideteksi di beberapa negara.

Sebelumnya Korea Utara sudah dua kali melakukan uji coba nuklir, yaitu pada tahun 2006 dan 2009, yang melibatkan plutonium namun namun uji coba ketiga diperkirakan berkaitan dengan program pengayaan uranium.

Uji coba nuklir yang ketiga ini memicu kecaman dari berbagai negara termasuk China yang merupakan sekutu erat Pyongyang.

Kementerian Luar Negeri Cina menyebutnya sebagai perilaku provokatif namun pada saat bersamaan menyatakan keengganan untuk menerapkan sanksi yang lebih keras atas Korea Utara.

Amerika Serikat dan sejumlah negara dilaporkan masih melakukan koordinasi untuk menanggapi uji coba tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com