Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Bisnis Bisa Bernilai Miliaran Rupiah

Kompas.com - 10/02/2013, 10:11 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk mencapai cita-cita dan menjadi pintu pembuka ke dunia kerja dan industri. Pesan itulah yang ingin disampaikan oleh Yin Wang, seorang pengusaha muda Australia.

Yin Wang (24) bersama dengan timnya baru-baru ini mendapat dana 450 ribu dolar AS (sekitar Rp 4,5 miliar) dari perusahaan telekomunikasi Optus-Innov8 dan beberapa investor lainnya. Para investor ini tertarik dan akan membiayai ide bisnis milik Wang, bernama VenueMob, situs yang menjual gedung pertemuan.

Sekarang VenueMob akan melebarkan sayap dari semula di Melbourne ke Sydney dan negara-negara Asia Tenggara.

Menurut laporan situs news.com.au, keberhasilan ini hanya dua bulan setelah mereka terlibat dalam program percepatan, Accelator Program selama tujuh bulan di Universitas Melbourne.

Yang lebih hebat lagi ini bukanlah "keberhasilan" bisnis pertama bagi Yin Wang. Pada tahun 2011, dia menjual bisnis bernama Crowdmass kepada sebuah grup bernama Groupon, dengan nilai yang tidak diungkapkan, namun diperkirakan seharga ratusan ribu dolar.

Menurut Wang, dia sangat merasa beruntung bahwa ide bisnisnya mendapatkan sambutan dari kalangan investor, namun mengatakan usia dan keberanian untuk melakukan sesuatu merupakan faktor penting dalam keberhasilan tersebut.

"Banyak orang yang terlalu takut untuk melakukan sesuatu. Banyak orang sebenarnya memiliki ide bisnis, namun mereka memilih untuk kerja kantoran, puas dengan gaji yang ada, daripada mengambil resiko untuk melakukan sesuatu sendirian." kata Wang.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya, sekarang fokus Wang selain mengembangkan bisnis yang sudah dimilikinya, dia juga akan membantu mencari para wiraswastawan baru.

"Kita tidaklah perlu hanya berpikir bahwa kita harus sekolah, masuk universitas dan kemudian langsung bekerja. Banyak orang memiliki ide, dan mereka bisa mengejar ide-ide itu semaksimal mungkin." kata Wang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com