Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burka Dibuka Ternyata Taliban Berjanggut

Kompas.com - 08/02/2013, 13:37 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Petugas imigrasi Afganistan berhasil menangkap seorang anggota Taliban yang mencoba melintasi perbatasan menuju Pakistan. Meski menyamar dengan menggunakan burka perempuan, upaya ini tak bisa mengelabui petugas.

Laki-laki bertubuh tinggi dan berjanggut tebal itu mencoba melintasi perbatasan Torkham yang memisahkan Provinsi Nangarhar, Afganistan; dan Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan.

Bersama seorang temannya, laki-laki ini mengenakan burka berwarna coklat yang menutupi seluruh tubuh dan wajahnya. Burka itu menutupi pakaian pria tradisional Afganistan yang dikenakannya.

Namun, ternyata burka itu terlalu pendek untuk orang itu sehingga sepatu, mata kaki, dan pakaian di balik burka itu terlihat. Sementara itu, pria berjanggut ini mengenakan sepatu pria.

Petugas perbatasan kemudian menahan orang itu dan membawanya ke ibu kota Provinsi Nangarhar, Jalalabad, untuk menjalani pemeriksaan.

Laki-laki yang identitasnya belum diungkap itu ditampilkan ke muka publik untuk mencegah orang lain melakukan upaya serupa untuk melintasi perbatasan.

Sementara itu, rekannya yang mengenakan pakaian tradisional Afganistan juga ditahan dan dipamerkan di hadapan media massa. Namun, sebelum dipertontonkan, mata keduanya ditutup dan dijaga ketat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com