Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Australia Meninggal di Bali

Kompas.com - 08/02/2013, 13:12 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang lagi warga Australia meninggal di Bali, namun diduga karena mengalami kecelakaan sendiri. Igor Janco (65) ditemukan tewas di kamar hotelnya di Bali Hyatt  Sanur, hari Kamis (7/2/2013).

Menurut kantor berita Australia AAP mengutip polisi di Denpasar, Janco yang lahir di Slovakia, mengalami cedera di bagian kepala, termasuk luka memar di mukanya. "Korban ditemukan telanjang, dengan kepala tertelungkup di ranjang. Di sekitar tubuhnya terdapat darah. Kami juga menemukan botol wine kosong, dompet berisi rupiah dan dolar Australia dan Iphone-nya sedang di-charge di kamar mandi." kata seorang petugas polisi.

Jenazah Janco sekarang sudah dibawa ke RS Sanglah, Denpasar, dan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia sudah mengukuhkan adanya kematian tersebut. "Kami bisa mengukuhkan bahwa seorang warga Australia berusia 65 tahun ditemukan meninggal di Bali 7 Februari," kata pernyataan Departemen Luar Negeri tersebut.

Janco diperkirakan masuk ke hotel 1 Februari. Sementara itu menurut laporan koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya, lebih dari 900 warga Australia meninggal di luar negeri di tahun 2012, dengan Indonesia menjadi salah satu negara terbanyak. Kematian warga Australia paling banyak terjadi di Thailand sebanyak 111 orang, dan Indonesia berada di tempat keenam, dengan 48 orang.  

Penyebab kematian beragam, namun sakit menjadi salah satu alasan utama bagi meninggalnya warga Australia di kawasan Asia seperti Thailand, Hongkong, Vietnam, Filipina dan Indonesia. Menurut Dr Tony Gherardin, penasehat kesehatan bagi lembaga bernama The Travel Doctor, mereka yang melancong ke luar negeri  kadang lupa untuk melakukan vaksinasi sehingga rawan terkena penyakit seperti malaria, demam berdarah dan tipus.

"Kurang dari 50 persen warga Australia yang melancong ke luar melakukan vaksinasi sebelum pergi. Jangan meremehkan faktor kesehatan ketika melancong, khususnya di kawasan tropis dimana penyakit bisa dengan cepat menyebar." kata Dr Gherardin.

Menurut catatan Departemen Luar Negeri, 904 warga Australia meninggal di luar negeri tahun lalu, naik 13 persen dari tahun sebelumnya. Daftar Kematian Warga Australia di luar negeri selama 2012 : 1. Thailand 111, 2. Filipina  68, 3. Yunani 60, 4. Vietnam 54, 5. AS 51, 6 .Indonesia 48, 7. Jerman 41, 8. Hong Kong 40, 9. China 38, 10. Inggris 28.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com