Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Anjing Dilengkapi "Microchip"

Kompas.com - 06/02/2013, 23:26 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Otoritas Inggris menegaskan, semua anjing di Inggris akan dilengkapi dengan microchip mulai tahun 2016.

Kementerian Lingkungan Inggris menegaskan, dengan adanya chip di tubuh si anjing maka akan membantu mempertemukan pemilik dengan anjingnya yang hilang atau yang dicuri, mempromosikan kesehatan anjing, dan mengurangi adanya tempat penampungan anjing.

Kantor berita AP, Rabu (6/2/2013), melaporkan, banyak pemilik anjing di Inggris sudah menempatkan chip di bawah kulit binatang piaraan miliknya.

Binatang itu antara lain anjing, kucing, kelinci, dan kuda sebagai upaya dapat terus melacak keberadaan binatang piaraan mereka.

Kementerian Lingkungan di Inggris mengatakan, 60 persen dari sekitar 8 juta anjing piaraan di Inggris sudah memiliki microchip pada tubuhnya.

Dengan demikian, binatang piaraan tadi bisa dilacak jika hilang atau diculik dan kemudian ditemukan kembali dengan pemiliknya. Pejabat menegaskan, target microchip pada semua anjing ini akan memerlukan waktu tiga tahun.

Jika ada pemilik anjing yang menolak memasang chip, akan didenda hingga 500 poundsterling atau sekitar Rp 7,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com