Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Arab Saudi Usulkan Bayi Perempuan Pakai Burka

Kompas.com - 05/02/2013, 11:45 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Seorang ulama Arab Saudi membuat usulan yang memicu kontroversi. Dia mengusulkan agar bayi perempuan mengenakan burka untuk menghindari pelecehan seksual.

Seperti diberitakan situs berita Al-Arabiya, Sheikh Abdullah Daoud, dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi al-Majd menegaskan bahwa burka akan melindungi bayi-bayi perempuan.

Sheikh Abdullah berusaha memperkuat usulannya dengan klaim bahwa pelecehan seksual terhadap bayi perempuan juga terjadi di kerajaan itu. Dia mengutip sumber-sumber otorita kesehatan dan keamanan yang tak disebutkan namanya.

Usulan Sheikh Abdullah ini mengundang kontroversi dan kecaman dari warga Arab Saudi. Melalui situs jejaring sosial Twitter, sejumlah warga Arab Saudi menilai usulan Sheikh Abdullah justru akan semakin memperburuk citra Islam.

Seorang mantan hakim Mohammad al-Jzlana kepada Al-Arabiya menilai pernyataan Sheikh Abdullah itu membuat wajah Islam semakin buruk.

Sehingga, Jzlana mengimbau masyarakat untuk mengabaikan fatwa tersebut. Dia menambahkan untuk sejumlah peraturan khusus diatur pemerintah Arab Saudi dan pemerintah akan menunjuk seorang pejabat untuk menjabarkan perintah tersebut.

Jzlana bahkan mengatakan dia merasa sedih saat melihat satu keluarga yang tengah bepergian membawa bayi yang memakai burka.

"Itu tidak adil bagi si bayi," kata Jzlana.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com