Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julian Assange Akan Maju dalam Pemilihan Anggota Senat Australia

Kompas.com - 31/01/2013, 19:06 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Pendiri situs pembocor rahasia WikiLeaks, Julian Assange, menyatakan akan maju dalam pemilihan umum Australia tahun ini, sebagai calon anggota senat Negeri Kanguru itu. Assange akan maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai WikiLeaks.

Demikian terungkap dalam kicauan WikiLeaks di Twitter, Rabu (30/1/2013), beberapa jam setelah Perdana Menteri Julia Gillard mengumumkan pemilu di Australia akan digelar 14 September 2013.

"Australia: Julian Assange telah memastikan dia akan maju dalam pemilu nasional 2013 untuk kursi Senat Australia", demikian bunyai tweet pertama WikiLeaks. Beberapa saat kemudian, akun situs tersebut menyatakan Assange akan maju sebagai caleg dari Partai WikiLeaks.

Tahun lalu Assange telah menyatakan niatnya untuk maju mencalonkan diri sebagai anggota Senat Australia, dan berniat mendaftarkan Partai WikiLeaks ke Komisi Pemilu Australia. Senat adalah majelis tinggi parlemen Australia.

Kabar tersebut langsung disambut antusias oleh Christine Assange, ibu kandung Julian Assange. Menurut dia, Assange akan menjadi anggota Senat yang "mengagumkan".

"Dia akan mengagumkan. Di DPR Australia, kita hanya bisa memilih partai-partai besar, yang merupakan antek AS nomor satu dan nomor dua. Jadi akan bagus untuk 'meng-Assange-kan' Senat demi pengawasan oleh orang Australia sendiri," tutur Christine seperti dikutip Australian Associated Press.

Assange sampai saat ini masih bersembunyi di kantor Kedutaan Besar Ekuador di London, Inggris, setelah meminta suaka ke negara di Amerika Latin tersebut. Namun, pihak berwenang Inggris menolak memberikan jaminan keselamatan, jika Assange ingin pergi dari Inggris.

Tidak jelas apakah Assange akan bisa bebas pergi dari Inggris, jika ia benar-benar terpilih sebagai anggota Senat Australia. (AFP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com