Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Aborigin Berkibar pada Hari Australia

Kompas.com - 26/01/2013, 13:34 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Untuk pertama kali dalam sejarah, bendera Aborigin dan bendera Australia dikibarkan bersama-sama di Sydney Harbour Bridge guna memperingati Hari Australia 2013, Sabtu (26/1/2013). Hari Australia diperingati tanggal 26 Januari, memperingati kedatangan Armada Pertama Inggris ke Australia, 26 Januari 1788, di Sydney Cove, New South Wales.

Karena secara resmi masih menjadi bagian dari Kerajaan Inggris, Hari Australia ini adalah hari paling "dekat" untuk disebut hari kemerdekaan bagi warga Australia. Biasanya pada hari ini di sejumlah pelosok diadakan pawai, perlombaan, upacara penerimaan bagi warga negara baru, dan diakhiri dengan pesta barbeque di taman.

Upacara pengibaran bendera Aborigin dan bendera Australia bersama-sama untuk pertama kali ini dihadiri Gubernur Negara Bagian New South Wales Prof Marie Bashir dan perwakilan warga Aborigin. "Saya bangga hari ini menyaksikan peristiwa bersejarah ini, pengibaran dua bendera pada Hari Australia," kata Charles Madden, perwakilan dari Dewan Adat Aborigin.

Sementara itu, menurut laporan koresponden Kompas di Australia L Sastra Wijaya, jumlah warga baru yang secara resmi menjadi warga negara Australia mencapai rekor tertinggi. Menurut Menteri Imigrasi Chris Bowen, 17.059 warga dari 145 negara akan secara resmi ikut dalam upacara di 430 tempat di seluruh negeri.

Hari Australia memang merupakan hari paling populer bagi warga negara baru. "Hari Australia merupakan hari khusus bagi semua warga Australia untuk bersama-sama merayakan hal yang membanggakan bagi bangsa kita—sejarah yang kaya dan masa depan yang menjanjikan." kata Bowen dalam sebuah pernyataan.

Warga baru terbanyak berada di Negara Bagian Queensland, sekitar 5.000 orang. Dewan Kota Brisbane menyewa Brisbane Convention and Exhibition Center untuk menjadi tempat upacara bagi 1.200 orang. Di Negara Bagian New South Wales dan Victoria masing-masing 3.800 warga baru, South Australia 1.300 orang, Western Australia 2.500 orang, Tasmania 320 orang, dan Northern Territory 260 orang.

Sejak dimulainya upacara pertama pada tahun 1949, lebih dari 4,5 juta orang menjadi warga negara Australia.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com