Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelari Maraton Pensiun di Usia 101 Tahun

Kompas.com - 24/01/2013, 16:19 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Kabar seorang pelari maraton menyatakan pensiun mungkin adalah kabar biasa. Namun, jika si pelari berusia 101 tahun, itu kabar unik.

Fauja Singh, seorang pria Sikh berkewarganegaraan Inggris, mengatakan akan pensiun dari dunia lari maraton setelah mengikuti lomba maraton Hongkong 24 Februari mendatang.

Maraton Hongkong itu digelar hanya lima pekan sebelum ulang tahun Singh ke-102 pada 1 April mendatang.

"Namun, setelah saya pensiun, saya tetap akan berlari setidaknya empat jam sehari," kata Singh, yang tinggal di Ilford, Inggris, kepada The Times of India, saat mengunjungi kampung halamannya di Punjab.

"Berlari adalah bagian hidup saya. Saya akan terus berlari untuk menginspirasi orang lain," ujarnya.

Singh, yang berjuluk "Tornado Berturban" itu, sebenarnya baru memulai karier maratonnya sangat terlambat, yaitu dalam usia 89 tahun. Meski sudah uzur, Singh tercatat mengikuti delapan lomba maraton besar dunia antara lain di London, Toronto, dan New York.

Tahun lalu, dia mengakhiri lomba maraton kelimanya di London dengan catatan waktu tujuh jam dan 49 menit. Singh bahkan mendapat kehormatan ikut membawa obor Olimpiade.

Saat ditanya soal rahasia kesehatannya yang luar biasa itu, Singh, yang mengaku lahir pada 1 April 1911, menegaskan sepanjang hidupnya dia tidak pernah sakit dan tidak pernah minum obat apa pun.

"Penyebab utama kesehatan saya adalah saya berolahraga setiap hari dan makan secukupnya," kata dia.

"Saya menempatkan kebahagiaan di posisi utama meskipun saya makan sangat sedikit," tambahnya.

"Saat ini, orang lebih suka pergi ke pusat-pusat kebugaran, tetapi saya kira jika mereka melakukan olahraga secara rutin sendiri, mereka akan memiliki fisik dan mental yang kuat," katanya.

"Berolahraga setiap hari akan menghindarkan Anda dari segala penyakit," pesan Singh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com