Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama, Presiden AS Kedua yang Baca Sumpah Empat Kali

Kompas.com - 21/01/2013, 14:08 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama, menurut jadwal, akan dilantik untuk masa jabatan keduanya pada Senin (21/1/2012) waktu setempat. Dalam pelantikan itu Obama akan membacakan sumpah jabatannya.

Dengan pembacaan sumpah jabatan itu, Obama akan menjadi presiden AS kedua yang membacakan sumpah jabatan sebanyak empat kali setelah Franklin Delano Roosevelt.

Roosevelt, yang memimpin AS di saat Depresi Besar hingga Perang Dunia II, memiliki rekor sejarah lain, yaitu menjadi satu-satunya presiden AS yang memerintah dalam empat kali masa jabatan.

Namun, setelah amandemen konstitusi AS diratifikasi pada 1951, yang salah satu isinya adalah pembatasan masa jabatan presiden AS, maka tertutup sudah kesempatan bagi presiden lain untuk mengalahkan rekor Roosevelt.

Nah, lalu bagaimana Obama bisa mengucapkan empat kali sumpah jabatan?

Pada saat Obama dilantik untuk masa jabatan pertama 2009, Hakim Agung John Roberts salah membacakan kata-kata dalam sumpah jabatan yang kemudian diulangi oleh Obama.

Ternyata di balik layar, ajudan Obama meminta Hakim Roberts untuk kembali datang ke Gedung Putih untuk mengulangi pembacaan sumpah jabatan tanpa kesalahan kata. Jadi di masa jabatan pertama, Obama dua kali mengucapkan sumpah.

Nah, dalam pelantikan untuk masa jabatan kedua, Obama juga akan melakukannya dua kali. Penyebabnya adalah masalah tanggal.

Sesuai amandemen ke-20 konstitusi AS maka masa jabatan seorang presiden habis pada tengah hari 20 Januari. Namun, sesuai tradisi, jika tanggal itu jatuh pada hari Minggu, maka presiden harus mengambil sumpah untuk kedua kalinya di muka publik pada hari berikutnya.

Pembacaan sumpah pertama Minggu (20/1/2013), kembali dengan Hakim Agung John Roberts, dalam sebuah upacara pribadi yang hanya dihadiri keluarga terdekat Presiden Barack Obama dan disiarkan langsung dari Ruang Biru Gedung Putih.

Kali ini tak terjadi kesalahan dan semua prosesi itu selesai dalam waktu kurang dari satu menit.

Dan, pada Senin (21/1/2013), Obama kembali akan mengambil sumpahnya. Dia akan mengangkat tangan kanannya dan meletakkan tangan kirinya di atas kitab suci yang pernah dimiliki Presiden Abraham Lincoln dan pahlawan pergerakan kulit hitam Martin Luther King. Dan, Obama akhirnya mengucapkan sumpah jabatan keempatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com