Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu, Obama Diambil Sumpah

Kompas.com - 20/01/2013, 14:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden terpilih AS Barack Obama akan diambil sumpah pada Minggu (20/1/2013). Lantaran, masa jabatannya berakhir pada siang hari ini waktu setempat. Cuma ada acara kecil di Gedung Putih.

Kendati begitu, tulis AP, ada tradisi khas AS. Andai masa jabatan itu jatuh pada hari Minggu, presiden terpilih akan mengulang sumpahnya itu pada upacara terbuka keesokan harinya alias pada Senin.

Pada Senin pula, Obama juga akan menyampaikan pidato kepada rakyat Amerika dan tentunya warga dunia yang sedang menyaksikan jalannya upacar di luar gedung US Capitol. Setelah upacara pengambilan sumpah, Obama akan kembali ke Gedung Putih pada parade yang melewati kerumuman warga.

Obama menjalani masa jabatan kali kedua pascamemenangi pemilihan umum presiden AS pada November 2012. Tokoh dari Partai Demokrat tersebut mengalahkan pesaingnya dari Partai Republik, Mitt Romney.

Pada 2009, Obama dilantik menjadi presiden AS. Ia mengukir sejarah karena menjadi presiden kulit hitam pertama di Negeri Uwak Sam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com