Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Al-Jazeera Tewas Ditembak di Suriah

Kompas.com - 19/01/2013, 04:19 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com — Seorang penembak gelap membunuh wartawan Al-Jazeera bernama Mohammed Hourani di Provinsi Daraa bagian selatan Suriah pada Jumat (19/1/2013). Berita tersebut dilansir stasiun televisi yang berkantor pusat di Qatar tersebut.

"Mohammed Hourani dibunuh oleh penembak gelap dari pihak rezim di Basr al-Haris, Provinsi Daraa, saat dia sedang meliput peperangan yang terjadi di daerah tersebut," demikian dikutip dari siaran Al-Jazeera.

Sebelum bergabung dengan Al-Jazeera, Hourani adalah aktivis revolusi yang ingin menurunkan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Hourani adalah wartawan kedua yang terbunuh oleh penembak jarak jauh dalam 24 jam terakhir di Suriah, yang sedang mengalami perang saudara.

Sebelumnya pada Kamis, seorang jurnalis Perancis, Yves Deaby, juga ditembak mati di bagian utara kota Aleppo. Hal ini diungkapkan Syrian Observatory for Human Rights.

Menurut perhitungan AFP dan organisasi Reporters Without Borders yang bermarkas di Paris, Perancis, setidaknya ada 20 wartawan terbunuh di Suriah selama 22 bulan konflik di negara itu. Jumlah kematian itu belum memperhitungkan kematian warga sipil lain non-jurnalis yang merekam kekerasan di Suriah untuk dikabarkan ke dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com