Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada Kirim Pesawat C-17 untuk Bantu Pasukan Perancis

Kompas.com - 15/01/2013, 13:16 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

OTTAWA, KOMPAS.com -- Kanada bergabung dalam daftar negara-negara yang membantu Perancis melancarkan intervensi militer untuk mengusir pasukan separatis di Mali. Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengumumkan, Senin (14/1/2013) waktu setempat, akan mengirim satu pesawat angkut berat CC-177 (versi Kanada dari pesawat C-17 Globemaster III) untuk membantu Perancis.

"Sementara pemerintah Kanada tidak dan tidak akan mempertimbangkan misi militer langsung Kanada di Mali. Kanada tetap siap memberi dukungan logistik yang jelas dan terbatas untuk membantu pasukan yang mengintervensi di Mali," tutur Harper.

Menurut Harper, dia telah menerima permohonan bantuan spesifik dari Perancis untuk menyediakan pesawat angkut berat guna mengangkut peralatan militer ke ibu kota Mali, Bamako. Pihak Angkatan Udara Kanada (RCAF) setuju menyediakan satu pesawat CC-177 tersebut selama satu minggu.

Harper menambahkan, Kanada juga akan terus melanjutkan bantuan kemanusiaan dan bantuan pembangunan bagi kawasan Afrika Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com