Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haiti Bangkit Lagi

Kompas.com - 13/01/2013, 01:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Porak-poranda diempas gempa bumi tiga tahun silam, Haiti bangkit kembali dari keterpurukan. Penandanya, kata Chirine El-Labbane dari Program Pembangunan PBB, 80 persen dari 10 juta meter kubik sampah pascagempa berhasil dibersihkan.""Sudah tercipta 400.000 lapangan pekerjaan di Haiti,"katanya sebagaimana warta Xinhua pada Sabtu (12/1/2013).

Gempa bumi bermagnitud 7,0 mengguncang Haiti pada 12 Januari 2010. Kala itu, 80.000 bangunan luluh lantak. Tak cuma itu, gempa tersebut membunuh 200.000 warga Haiti.

Kini, program pembangunan kembali mulai menampakkan hasil. Warga mendapat bantuan membangun kembali rumah-rumah mereka. Lalu, kebersihan dan kesehatan lingkungan juga menuai hasil positif. "Saya berkomitmen membangun kembali Haiti,"ucap Presiden Michel Martelly dalam peringatan tiga tahun gempa itu di Port-Au-Prince, ibu kota negeri perairan Karibia itu.

Pemerintah Haiti, imbuh Martelly, sudah mewujudkan program pemberantasan kemiskinan dengan pendanaan 13 juta dollar AS. "Kami sudah memulai pendidikan gratis bagi 2 juta murid,"kata Martelly.

Menurut Martelly, pemerintahannya akan bekerja keras memenuhi kebutuhan masyarakat akan pangan, pekerjaan, dan jaminan kesehatan. "Kami sudah membuat kemajuan,"demikian Michel Martelly.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com