Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Kasus Perkosaan, India Tambah Polwan

Kompas.com - 04/01/2013, 18:01 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemerintah India menyatakan akan menambah jumlah polisi wanita di ibukota, Delhi, menyusul kemarahan nasional terkait pemerkosaan beramai-ramai terhadap seorang mahasiswi di bus bulan lalu.

Menteri Dalam Negeri Sushil Kumar Shinde mengatakan polwan akan ditempatkan di setiap kantor polisi di Delhi yang berjumlah 166.

Shinde menambahkan penempatan polwan di setiap kantor polisi di ibukota tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Pada saat ini banyak kantor polisi di sana tidak mempunyai polisi wanita dan para pejabat kepolisian mengatakan kadang-kadang polisi pria "kesulitan" membantu korban perempuan.

Pengumuman pemerintah ini terjadi di tengah kemarahan masyarakat sehubungan dengan pemerkosaan seorang mahasiswa di bus secara beramai-ramai pada tanggal 16 Desember 2012.

Perempuan itu pulang dari menonton bioskop bersama teman prianya. Keduanya kemudian dianiaya dan dilempar keluar bus setelah pemerkosaan.

Sementara itu, lima orang tersangka, Kamis (3/1) resmi didakwa melakukan pemerkosaan dan pembunuhan, sedangkan satu orang lainnya belum dikenai dakwaan karena menunggu hasil uji kesehatan untuk menentukan umurnya.

Sementara itu Kementerian Dalam Negeri India, Jumat (4/1/2013) dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan semua pejabat terkait dari seluruh negara bagian.

Mereka akan membahas cara-cara mencegah tindak kejahatan terhadap perempuan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com