Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dakwaan atas Drama Homoseksual Dicabut

Kompas.com - 03/01/2013, 08:42 WIB

KAMPALA, KOMPAS.com — Pengadilan Uganda mencabut dakwaan atas produser teater Inggris yang mementaskan drama tentang kehidupan homoseksual. David Cecil mengatakan kepada BBC dakwaan atasnya dicabut karena kurangnya bukti.

Warga Inggris itu dibebaskan dengan jaminan 200 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta dan jika terbukti bersalah akan terancam hukuman penjara dua tahun.

Dia ditangkap September tahun lalu karena mengabaikan perintah undang-undang setelah menggelar pementasan The River and the Mountain tanpa izin pihak berwenang.

Drama yang diproduksinya menceritakan seorang pengusaha pria homoseksual yang dibunuh oleh karyawannya dan dipentaskan di Kampala pada Agustus 2012.

Melanggar hukum

Cecil menyambut gembira pencabutan dakwaan itu walau tetap saja ada kemungkinan dibuka kembali. "Hari ini hasilnya memperlihatkan kehakiman berfungsi di Uganda dan telah memulihkan kepercayaan saya atas masyarakat Uganda."

Homoseksual tergolong melanggar undang-undang di Uganda yang masyarakatnnya tergolong konservatif. Dalam kehidupan sehari-hari, kaum homoseksual sering mendapat tekanan, bahkan serangan fisik.

Tahun 2011, seorang aktivis gay, David Kato, dipukuli sampai mati, tetapi polisi membantah serangan atasnya berkaitan dengan pilihan seksnya.

Parlemen Uganda saat ini sedang membahas perubahan undang-undang untuk meningkatkan hukuman bagi perilaku homoseksual. RUU itu awalnya memuat ancaman hukuman mati bagi homoseksual, tetapi belakangan sudah diubah menjadi hukuman seumur hidup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com