Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al-Qaeda Tawarkan Uang untuk Pembunuh Dubes AS

Kompas.com - 31/12/2012, 10:25 WIB

SANAA, KOMPAS.com - Kelompok militan Al-Qaeda Yaman menawarkan hadiah uang sebesar 160.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar bagi siapapun yang bisa membunuh duta besar AS untuk Yaman.

Dalam sebuah rekaman yang dibuat Yayasan al-Malahem dan diunggah ke situs kelompok itu, dikatakan bahwa Al-Qaeda akan hadiahkan emas murni seberat 3 kilogram untuk pembunuh Dubes Gerald M Feierstein. Hadiah masih ditambah 23.000 dollar AS lagi untuk setiap satu orang prajurit AS yang dibunuh.

Pernyataan dalam rekaman itu mengatakan pemberian hadiah ini dilakukan untuk mendorong dan menginspirasi warga Yaman untuk melakukan jihad. Pemberian hadiah ini berlaku selama enam bulan.

Tawaran hadiah ini muncul hanya beberapa jam setelah tiga anggota Al-Qaeda tewas dalam serangan pesawat tanpa awak AS di Provinsi Bayda, wilayah selatan Yaman.

Puluhan orang yang diduga merupakan anggota kelompok militan termasuk Al-Qaeda, terbunuh dalam sejumlah serangan pesawat tanpa awak dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara di ibu kota Sanaa, aparat keamana mengatakan dua orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor menembak mati dua anggota intelijen sesaat setelah keduanya meninggalkan sebuah gedung di pusat kota.

Pemerintah Yaman menuding Al-Qaeda berada di belakang pembunuhan sejumlah perwira senior militer dan aparat intelijen tahun ini.

Situasi keamanan di Yaman sangat mengkhawatirkan AS dan sekutunya di wilayah Teluk. Sebab, negeri ini memiliki posisi strategis yaitu bertetangga dengan Arab Saudi dan dilintasi jalur pelayaran penting. Selain itu Yaman menjadi pusat perencanaan sejumlah rencana serangan tingkat tinggi yang dirancang Al-Qaeda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com