Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didenda 5 Juta Rupiah Setelah Tersesat Dihutan

Kompas.com - 30/12/2012, 18:05 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang warga Australia didenda 500 dollar AS (sekitar Rp 5 juta) karena tersesat di hutan dan tidak membawa bekal yang memadai. Pria asal negara bagian Victoria tersebut hari Rabu (26/12/2012) melakukan perjalanan di kawasan Blue Mountain, di negara bagian New South Wales dengan hanya membawa satu kilogram kentang dan roti naan.

Ketika ditinggal oleh temannya di kawasan Newness, dekat Lithgow, dia mengatakan akan sampai ke tempat tujuan di Colo Heights dalam waktu tiga hari. Namun hari Sabtu (29/12/2012) ketika pria berusia 29 tahun tersebut tidak sampai ke tempat tujuan, teman-temannya mengontak polisi yang kemudian mengerahkan dua helikopter untuk melakukan pencarian.

Menurut kantor berita Australa AAP, helikopter polisi Polair 2 menemukan jejak pria tersebut sedangkan helikopter lainnya Polair 3 kemudian menaikkannya dari kawasan hutan. Menurut polisi, pria tadi mengalami cedera pergelangan kaki, namun dia tidak mau dibawa ke rumah sakit. 

Di kantor polisi, dia dikenai denda karena membahayakan diri sendiri dan juga tim pencari. "Kami menyimpulkan dia membahayakan dirinya sendiri dan juga tim penyelamat karena kurangnya perencanaan dan persiapan, dan juga bekal yang kurang." kata komandan tim penyelamat Brenton Charlton.

"Dia hanya membawa satu kilogram kentang dan roti Naan." Charlton mengatakan, jalur yang hendak dilalui pria tadi merupakan medan yang sulit dan diperlukan waktu lebih lama dari yang diperkirakannya. "Melakukan perjalanan di hutan sebenarnya mudah. Semua orang harus memberitahu polisi atau orang lain mengenai rencana perjalanan mereka, dan membawa alat penentu lokasi. Menggunakan teknologi yang tersedia, dan juga persiapan yang memadai akan menjadi pembeda hidup dan mati." lanjut Charlton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com