Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak 10 Tahun Undang Gelandangan ke Kafe Keluarga

Kompas.com - 27/12/2012, 11:11 WIB

DEWSBURY, KOMPAS.com Gracie McNulty, seorang anak perempuan berusia 10 tahun asal Yorkshire, Inggris, semula bingung bagaimana merayakan Natal setelah ayahnya meninggal pada Agustus tahun ini. Ia lalu memutuskan untuk meninggalkan acara Natal keluarga yang biasa-biasa saja. Sebagai gantinya, ia ingin mewujudkan harapan Natal yang pernah disampaikan ayahnya.

Dengan bantuan ibu dan tiga saudaranya, Gracie kemudian menyediakan masakan daging kalkun dengan segala aksesorinya bagi 50 tunawisma pada hari Natal lalu.

Ayahnya, Craig (38 tahun), seorang yang suka beramal dan telah memberi sarapan pagi bagi para tunawisma di hari Boxing Day (hari setelah hari Natal) pada masa lalu, dan dia telah berjanji untuk membuka kafe milik keluarganya pada Hari Natal tahun ini. Namun, McNulty menderita cedera kepala serius ketika jatuh saat bekerja. Ia lalu dibawa ke rumah sakit dengan ambulans udara, tetapi meninggal tak lama setelah kecelakaan itu pada Agustus lalu.
 
Ibu Gracie, Sharon McNulty (46 tahun), yang mengoperasikan Kafe Grilled and Filtered di Dewsbury, West Yorkshire, mengatakan, "Setelah ia (Craig) meninggal, Gracie bilang ke saya, 'Saya tidak ingin merayakan Natal di rumah tahun ini, saya ingin melakukan apa yang ayah inginkan, yaitu membuka kafe di hari Natal. Rasanya tidak enak merayakan (Natal), jadi kami menyediakan makan malam Natal kepada para gelandangan yang tidak punya rumah."

Dia menambahkan, "Kami semua memikirkan Craig. Ini semua untuk menghormatinya dan dia akan sangat bangga dengan apa yang kami lakukan. Benar-benar fantastis, begitu melihat wajah mereka saat mereka berjalan masuk. Kami membeli sarung tangan termal, syal termal, dan kaus kaki termal untuk setiap orang, dan membuat sandwich bagi mereka untuk dibawa pulang."

Keluarga itu memberi sejumlah tiket makan malam Natal kepada badan amal lokal yang membantu para tunawisma itu, dan komunitas mereka menyumbangkan dana untuk mendanai acara tersebut.

Gracie dibantu ibunya dan tiga saudaranya, yaitu Kirstie (19), Thomas (21), dan James (26), untuk menyediakan makan malam kalkun selama tiga jam itu.

Gracie mengatakan, "Ini menjadi Natal terbaik yang pernah ada. Saya saat itu berada di sekolah dan sedih mengingat ayah saya. Lalu saya memutuskan ingin melakukan sesuatu yang membuat dia bangga dan hal ini terasa seperti hal yang sempurna. Orang-orang datang memanggil saya 'Super-Grace'. Saya belum minta ibu saya, tapi saya ingin melakukan hal seperti ini setiap tahun."

Sharon McNulty dan Craig telah hidup bersama 15 tahun sebelum ia meninggal. Mereka tidak pernah menikah, tetapi Sharon telah mengubah nama keluarganya menjadi McNulty.

Perempuan itu mengatakan, "Craig merupakan orang yang paling murah hati, orang yang suka memberi yang pernah Anda temui. Dia selalu melakukan sesuatu untuk orang lain dan bekerja untuk British Trust for Conservation Volunteers, membantu anak-anak bermasalah. Dia menghabiskan seluruh waktunya untuk membuat orang lain bahagia dan mudah-mudahan kami dapat melanjutkan hal itu."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com