Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkalan AS Diserang Bom Bunuh Diri, 3 Tewas

Kompas.com - 26/12/2012, 14:59 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Sebuah serangan bom mobil bunuh diri yang diduga dilakukan oleh kelompok Taliban terhadap sebuah pangkalan AS di Afganistan timur, Rabu (26/12/2012), menewaskan tiga orang warga Afganistan dan melukai tujuh orang lainnya.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afganistan Sediq Sediqqi mengatakan serangan itu terjadi di dekat pintu masuk Pangkalan Operasi Garis Depan Chapman di Khost, daerah kekuasaan Taliban di dekat perbatasan Pakistan.

"Tiga warga Afganistan tewas dan tujug warga Afganistan lainnya terluka. Sejauh ini kami belum mendapatkan laporan korban dari pasukan koalisi," kata juru bicara Pasukan Bantuan Internasional (ISAF) NATO, Mayor Martin O'Donnel.

Kepala Kepolisian Provinsi Khost Abdul Qayoum Baqizai dalam wawancara televisi mengatakan ledakan bom terjadi di pintu timur pangkalan.

"Satu petugas polisi yang mencoba memeriksa kendaraan dan dua warga sipil tewas," kata Baqizai.

Ledakan itu sangat keras hingga menggetarkan jendela gedung-gedung yang berjarak sekitar empat kilometer dari lokasi ledakan. Demikian laporan seorang wartawan AFP.

Sementara itu, Taliban mengaku bahwa serangan bom mobil bunuh diri itu memang dilakukan salah satu pejuangnya.

"Serangan itu dilakukan seorang mujahid bernama Omar dari Khost yang sangat memahami kawasan itu," kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahed kepada AFP lewat surat elektronik.

Zabihullah menambahkan Omar meledakkan bom mobilnya ketika pasukan pendudukan AS sedang memeriksa pengunjung yang akan memasuki pangkalan militer itu.

Pangkalan Chapman pada Desember 2009 juga pernah mengalami serangan bom bunuh diri. Saat itu, ledakan menewaskan tujuh agen CIA dan seorang penghubung warga negara Jordania. Serangan itu adalah serangan paling mematikan terhadap anggota intelijen AS sejak 1983.

Pada Agustus 2010, 24 anggota Taliban -beberapa di antaranya berseragam tentara AS- terbunuh setelah mencoba menyerbu pangkalan Chapman dan sebuah pangkalan lain Kamp Salerno, yang juga menjadi sasaran bom truk pada Juni 2010.

Khost adalah bagian paling bergolak di Afganistan. Wilayahnya yang berbatasan dengan Pakistan membuat Khost menjadi sumber pasokan pejuang, dana dan senjata untuk Taliban.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com