Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khidmat dan Serunya Natal di Belahan Dunia

Kompas.com - 25/12/2012, 10:51 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Perayaan Natal di berbagai belahan dunia dirayakan dengan penuh suka cita. Di Vatikan, tentu saja, Paus Benedict XVI melakukan Misa Malam Natal di St Peter Basilica.

Paus dalam kotbah Natalnya menekankan pada pertanyaan, apakah orang dengan segala kesibukannya memberi ruang untuk anak-anak, si miskin dan Tuhan?

Paus juga berdoa agar Israel dan Palestina bisa hidup dalam damai dan kemerdekaan. Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia ini juga berdoa untuk kedamaian di Syiria, Libanon dan Irak.

Acara Misa Malam Natal di St Peter Basilica itu dimulai pada pukul 10 malam waktu setempat, Senin (224/12/2012). Misa dimulai dengan dibunyikan terompet sebagai simbol rasa syukur atas kelahiran Yesus di Bethlehem.

Mendekati tengah malam, lonceng gereja berdentang di se-antero Kota Roma, sementara di dalam Basilica suara paduan suara anak-anak menambah khidmat Misa Malam Natal.

Sementara di belahan bumi lainnya, khususnya Florida, Amerika, sekitar 150 orang berpakaian Santa, manusia salju dan berbagai karakter Natal lainnya melakukan surfing di Pantai Cocoa. Acara itu sekaligus sebagai acara amal untuk membantu para penderi kanker.

Di Kota West Bank, Betlehem, perayaan Natal berpusat di Manger Square, tepat di luar gereja tempat kelahiran Yesus. Ribuan turis dan umat Kristiani Arab beribadah di sepanjang jalan, bergabung dengan parade Pramuka dan pekerja yang melakukan protes.

Lain lagi di Kota Valparaiso, sekitar 75 mil dari Santiago, Chile. Orang-orang yang ingin didoakan dan mendapat hadiah dari Santa Claus bisa menunggu di pinggir pantai. Sementara Santa akan datang dengan naik boat.

Di China, lampu Natal nan indah dipasang di pohon di luar Gereja Katolik Xuanwumen. Bahkan pada malam Natal, umat Kristiani berbondong-bondong ke gereja yang berada di Beijing tersebut untuk menyambut datangnya hari Natal.

Selamat Natal umat Kristiani seluruh dunia... Joy to the world.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com