Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal China Memasuki Perairan Jepang di Daerah Sengketa

Kompas.com - 21/12/2012, 14:03 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Tiga kapal China memasuki perairan Jepang di dekat Kepulauan Senkaku yang disengketakan, Jumat (21/12) pagi. Kapal-kapal itu tetap berada di lokasi tersebut meskipun ada peringatan dari sebuah kapal Penjaga Pantai Jepang, kata para petugas penjaga pantai.

Langkah China itu melanjutkan perselisihan antara kedua negara yang sudah berlangsung sejak beberapa dekade lalu.

Minggu lalu, Jepang bergegas meluncurkan sejumlah jet tempur ke dekat pulau-pulau kecil di Laut China Timur itu setelah beberapa pesawat China terlihat di sana.

Kapal-kapal pemerintah China telah berulang kali memasuki perairan di sekitar pulau-pulau berbatu dan terpencil itu sejak pemerintah Jepang pada September mengumumkan pemerintah Jepang telah membeli beberapa pulau itu dari sejumlah pemilik swasta.

Kapal-kapal Pejaga Pantai Jepang telah terlibat dalam permainan kucing dan tikus dengan kapal-kapal China. Kedua belah pihak saling menyiarkan pesan yang menegaskan bahwa mereka punya kedaulatan teritorial atas wilayah tersebut.

Para analis mengatakan, dengan mengirimkan kapal patrolinya ke daerah itu, China menantang kontrol defacto Jepang selama 40 tahun terakhir atas pulau-pulau tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com