Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Abdullah Meninggalkan Rumah Sakit

Kompas.com - 13/12/2012, 23:34 WIB
Pieter P Gero

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com -- Raja Abdullah dari Arab Saudi, Kamis (13/12/2012), meninggalkan rumah sakit setelah dirawat selama hampir satu bulan. Raja berusia 89 tahun ini masuk rumah sakit sejak 18 November lalu karena adanya gangguan otot pada punggung bagian bawah, lalu menjalani operasi.

Kantor berita AFP, mengutip pihak kerajaan Arab Saudi melaporkan, Raja Abdullah meninggalkan King Abdulaziz Medical City di Riyadh. Begitu masuk rumah sakit , Raja Abdullah kemudian sempat muncul di televisi pada 18 November dengan duduk di kursi roda. Namun setelah itu, raja Abdullah tak pernah lagi muncul di depan umum. Kondisi ini mengundang spekulasi bahwa kesehatan raja cukup serius.

Sebelumnya, Raja Abdullah pernah menjalani pembedahan serupa pada Oktober 2011. Dia juga pernah menjalani pembedahan di New York pada November 2010 karena berbagai komplikasi.

Usia raja yang lanjut dan seringnya masuk rumah sakit mengundang spekulasi menyangkut masa depan kepemimpinan di Arab Saudi, negara kerajaan yang kaya minyak mentah itu.

Pewaris tahta yang juga saudara tirinya, Pangeran Salman (76) telah ditunjuk menggantikan Raja Abdullah, menyusul kematian Pangeran Nayef pada bulan Juni lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com