Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biksu Dituduh Menghasut Aksi Bakar Diri

Kompas.com - 10/12/2012, 12:45 WIB
Simon Saragih

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Polisi menangkap seorang biksu dan keponakannya di Provinsi Sichuan. Mereka dituduh menghasut delapan orang etnis Tibet di provinsi itu untuk melakukan aksi bakar diri. Polisi mengatakan, aksi bakar diri itu merupakan perpanjangan perintah dari Dalai Lama dan para pengikutnya.

Lorang Konchok (40) dari Biara Kirti di Sichuan rutin melakukan kontak dengan para pendukung Dalai Lama di luar negeri. Sejak tahun 2009, dia dituduh telah menghasut delapan orang etnis Tibet yang bermukim di Sichuan untuk membakar diri.

Lorang Tsering (31), keponakan biksu itu, juga dituduh membantu perekrutan atas orang-orang untuk bersedia membakar diri. Para aktivis mengatakan, telah ada 90 orang etnis Tibet yang melakukan aksi bakar diri sejak tahun 2009 di seantero China. Itu merupakan bentuk protes terhadap Pemerintah China, yang tidak dikehendaki etnis Tibet. Tibet menginginkan kemerdekaan dari China, yang selalu menindak tegas para pemrotes. Aksi bunuh diri menjadi pilihan yang dianggap paling tepat untuk memprotes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com