Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Pekerja Tambang Tewas, Enam Terluka

Kompas.com - 06/12/2012, 09:16 WIB
M Suprihadi

Penulis

YUNAN, KOMPAS.com — Sebanyak 17 orang dipastikan tewas dan enam lainnya terluka dalam sebuah kecelakaan kerja di kawasan pertambangan batubara di Provinsi Yunan, China Barat Daya, Kamis (6/11/2012) dini hari.

Pada saat kejadian, ada 66 pekerja tambang yang berkerja di bawah tanah ketika tiba-tiba gas menyembur, sekitar pukul 02.15 waktu setempat.

Menurut sumber di Shangchang Coal Mine di Huangheni, 16 pekerja tewas di lokasi kejadian dan satu orang meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Sementara enam orang yang terluka dirawat di rumah sakit setempat dan saat ini dalam kondisi stabil.

Berlokasi 115 km dari kota Fuyuan, pertambangan lokal itu mulai beroperasi pada 2007 dengan kapasitas produksi 90.000 ton per tahun dari total cadangan batubara 11,93 juta ton.

Hasil penyelidikan sementara menyebutkan, pertambangan ini mempunyai izin lengkap. Akan tetapi, penyelidikan lebih lanjut akan tetap dilakukan. Sementara itu, pemerintah setempat sudah menginstruksikan dilakukannya pemeriksaan keamanan kerja di seluruh perusahaan tambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com