Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Turunkan Lagi Suku Bunga

Kompas.com - 04/12/2012, 11:37 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

CANBERRA, KOMPAS.com-     Australia, salah satu dari sedikit negara maju yang tidak begitu terpengaruh krisis ekonomi dunia, hari Selasa (4/12/2012) memutuskan untuk menurunkan lagi tingkat suku bunga.

Bank Sentral Australia (RBA)  menurunkan suku bunga 0,25 persen menjadi 3 persen, angka terendah  sejak tahun 1990.     Angka 3 persen ini juga sama dengan tingkat suku bunga bulan April 2009 di saat puncaknya krisis ekonomi dunia.

Lemahnya data-data ekonomi yang ada yang menunjukkan pasar tenaga kerja tidak optimistis dengan penciptaan lapangan kerja baru, turunnya aktifitas di bidang pertambangan, dan angka ritel yang menurun menjadi alasan penurunan suku bunga.     

Dengan demikian, bank sentral negeri Kanguru itu  sudah menurunkan suku bunga sebanayak 1,75 persen sejak  November 2011. Gubernur Bank Sentral Australia Glenn Stevens dalam pernyataan tertulisnya mengatakan, meski dampak dari penurunan suku bunga sebelumnya masih terus dipantau, namun "dewan gubernur dalam pertemuan hari ini tindakan pengenduran kebijakan keuangan merupakan hal yang tepat dilakukan."     

Menurut Stevens, data terbaru menunjukkan bawha perekonomian mencatat pertumbuhan moderat, pertumbuhan di China sudah mulai stabil. Di kawasan Asia pada umumnya pertumbuhan dipengaruhi oleh perluasan ekonomi China yang moderat dan lemahnya Eropa.    

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, penurunan suku bunga ini diharapkan akan merangsang belanja konsumen di Australia khususnya menjelang Natal.

Sejauh ini, belum ada reaksi dari berbagai bank besar apakah mereka juga akan menurunkan tingkat suku bunga, yang biasanya berpengaruh pada cicilan utang rumah.         

Menurut pengamatan para pakar, tingkat suku bunga Australia bisa lebih rendah lagi tahun depan bila perekonomian dunia tidak juga membaik.      

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com